Ingat!!! Asuransi Motor Sangat Penting Sekali



Meningkatnya pertumbuhan sepeda motor di Indonesia setiap tahun menyebabkan semakin meningkat pula angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia. Asuransi motor menjadi pilihan yang relevan bagi masyarakat yang ingin memberikan perlindungan atas sepeda motor yang dimiliki.

Pentingnya Asuransi Motor Saat Ini

Asuransi motor menjadi pilihan tepat mengingat pada tahun 2013, angka kecelakan lalulintas dalam catatan Kepolisian Republik Indonesia menelan korban jiwa sebanyak 26.486 orang (kompas.com). Dari angka itu, 70% melibatkan pengendara sepeda motor. Banyaknya kecelakaan yang melibatkan sepeda motor mau tidak mau memaksa pemilik sepeda motor untuk memberikan perlindungan yang lebih pada kendaraannya.

Hal ini menyangkut risiko yang mungkin timbul dari kecelakaan yang terjadi. Mulai dari kerusakan total maupun kerusakan ringan, yang tentu saja mengharuskan anda mengeluarkan dana untuk memperbaikinya. Selain kemungkinan risiko kecelakaan, hal lain yang perlu diperhatikan yaitu mengenai meningkatnya pencurian sepeda motor yang tinggi di Indonesia, yang sebanding dengan meningkatnya pembelian sepeda motor oleh masyarakat.

asuransi motor


Asuransi sepeda motor menjadi pilihan perlindungan untuk mengurangi risiko perbaikan sepeda motor karena kecelakaan maupun membeli sepeda motor  baru karena sepeda motor yang lama telah hilang.

Dua Jenis Asuransi Motor di Indonesia

Ada dua jenis asuransi sepeda motor yang mungkin anda pilih, yaitu All Risk serta Total Loss Only. Jenis asuransi All Risk memungkinkan untuk anda yang memiliki sepeda motor dengan harga diatas 30 juta rupiah, mengingat potensi kerugian yang akan diderita semakin besar. Mengapa All Risk? Karena jenis asuransi ini memungkinkan anda untuk mendapatkan perlindungan dari risiko seperti kehilangan sepeda motor, lecet, kerusakan akibat bencana, dll.

Asuransi jiwa juga merupakan salah satu pilihan ekstra yang mungkin anda dapatkan, apabila memilih produk asuransi yang memberikan pilihan ekstra. Jenis asuransi yang kedua yaitu Total Loss Only. Jenis asuransi ini cocok untuk anda yang memiliki sepeda motor dengan harga dibawah 30 juta rupiah. Kehilangan sepeda motor akibat dirampas atau dicuri akan diganti oleh pihak asuransi. Kemungkinan penggantian biaya kerusakan akibat kecelakaan juga akan diganti oleh pihak asuransi motor apabila banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan tidak lebih dari 75%.