Jaminan Hari Tua Jamsostek



Jaminan hari tua Jamsostek merupakan sebuah program tabungan selama masa kerja yang akan dibayarkan kembali atau dikembalikan ketika seorang pekerja telah berumur 55 tahun ataupun telah memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan. Jaminan hari tua akan sangat berguna untuk anda pada saat sudah purna tugas di masa tua. Jaminan hari tua dapat dijadikan salah satu langkah untuk tetap menjaga kesehatan finansial keluarga anda di masa tua.


Iuran Jaminan Hari Tua Jamsostek 

Jaminan hari tua jamsostek merupakan salah satu hak dan kewajiban karyawan. Dalam hal iuran, iuran program jaminan hari tua ini memiliki sistem pembayaran yang ditanggung oleh perusahaan dan juga oleh tenaga kerja. Iuran yang ditanggung oleh perusahaan adalah sebesar 3,7%, sedangkan iuran yang ditanggung oleh tenaga kerja adalah sebesar 2%. 

Baca juga : asuransi hari tua BNI

Premi jaminana hari tua yang dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja merupakan dana yang tidak termasuk dalam penghasilan bruto karyawan. Pembayaran pajak untuk dana ini dilakukan saat seorang karyawan menerima dana jaminan hari tua dai PT. Jamsostek saat sudah memiliki persyaratan nanti. 

Pemberian Jaminan Hari Tua Jamsostek

Jika premi jaminan hari tua yang dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja bukan merupakan penghasilan bruto pekerja, maka premi yang dibayarkan oleh karyawan merupakan pemotongan dari penghasilan bruto karyawan yang dihitung berdasarkan PPh karyawan.  Dana jaminan hari tua akan diberikan kembali pada pekerja dengan besaran yang disesuaikan dengan iuran yang telah dibayarkan ditambah hasil pengembangannya dengan beberapa ketentuan, yaitu jika telah mencapai usia 55 tahun, meninggal dunia, maupun cacat total tetap. Selanjutnya adalah jika peserta di PHK setelah 5 tahun keikutsertaan dengan masa tunggu 1 bulan. Terkahir adalah jika peserta pergi ke luar negeri dan tidak kembali lagi atau menjadi PNS, POLRI atau ABRI. Itulah beberapa ketentuan mengikuti jaminan hari tua jamsostek.
Jaminan hari tua jamsostek akan sangat berpengaruh terhadap masa tua anda setelah pensiun nanti.