Sejarah Perkembangan Asuransi Di Indonesia



Sebuah perusahaan asuransi ini pasti tidak terlepas dari berdirinya sebuah sejarah perkembangan asuransi di indonesia yang telah di rintis oleh sebuah pemerintahan kolonial belanda. Yang berawal dari sektor perkebunan serta juga berawal dari sektor perdagangan. Yang dimana pada masa tersebut di perkebunan rempah – rempah, tembakau, dan kelapa sawati yang menjadi ciri khas tanaman di indonesia yang sudah tumbuh pesat.

Dan pada pemerintah belanda yang dahulu merasa perlu untuk menjamin sebuah kelangsungan bisnis mereka yang berjalan baik dan untuk perlindungannya yang mengurangi sebuah resiko mulai dari proses panen sampai dengan hasil pengiriman hasil panennya yang pasti membutuhkan sebuah jasa untuk mengangkutnya, yang dimana jasa pengangkutan ini dahulunya dijadikan sebagai asuransi pertama kalinya.


Sejarah Perkembangan Asuransi Di Indonesia Selama Masa Penjajahan Belanda

Dan untuk sebuah sejarah perkembangan asuransi di indonesia ini terjadi pada masa penjajahan belanda dan juga ada asuransi di masa negara indonesia yang sudah merdeke. Dan untuk sebuah asuransi di masa penjajahan, mendirikan sebuah perusahaan asuransi dengan nama bataviasche zee end brand asrantie maatschappij yang didirikan di tahun 1853, kemudian setelah negara indonesia sudah merdeka, maka perusahaan asuransi di ambil oleh pemerintah indonesia, dan kemudian diganti nama menjadi asuransi jiwasraya.

Baca juga : asuransi di Indonesia


Sejarah Perkembangan Asuransi Di Indonesia Selama Indonesia Sudah Merdeka

Kemudian di perusahaan asuransi yang ada indonesia yang telah merdeka ini, telah mengalami sebuah sejarah perkembangan asuransi di indonesia, yang bermula dari menggantinya dengan nama asuransi jiwasraya, kemudian dibuat lagi perusahaan asuransi jiwa boemi poetra di tahun 1912, yang dimana kantornya masih berpusat di belanda, inggris. Dan setelah mengalami sebuah perkembangan lagi lalu merintis sebuah asuransi jasa indonesia, asuransi jasa rahadja, asuransi pegawai negeri, jamsostek, dan juga merintis perusahaan modern di awal tahun 1980 an bermunculan dengan nama aia financial, allianz, avrist axa mandiri, cigna, prudential, sinar mas.

Sekian dari kilasan mengenai sebuah sejarah perkembangan asuransi di indonesia yang mengalami perubahan di masa penjajahan dan masa kemerdekaan.